Selasa, 01 Maret 2011

UPK Cingambul LPJ PNPM 2010



Cingambul - Unit Pengelola Kegiatan ( UPK ) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ( PNPM ) Mandiri Perdesaan (MPd) Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka menggelar laporan pertanggungjawaban ( LPJ ) pelaksanaan PNPM MPd tahun 2010 di halaman kantor Ketua  UPK. sabtu ( 08/1 ). Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan sosial berupa alat sekolah bagi 13 anak, rehab rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) dan modal usaha ekonomu profuktif.
Dalam kesempatan itu hadir sejumlah pejabat seperti Kepala BPMDPKB Drs. H.Ahmad Sodikin MM, Satker PNPM MPd Majalengka Drs. Piping Ma'arif dan Fasilitator Keuangan PNPM MPd Ir. Sutardjo. Juga hadir camat cingambul Deden Supriatna S.Pd, Ketua BKAD kecamatan cingambul Kuswara, S.Sos, PJOK Kecamatan Cingambul Dani Lutfhi Daniar, S.Sos, Ketua BP-UPK kecamatan cingambul Dodo Rukanda, S.Pd M.Si, jajaran muspika cingambul, para kepala desa, ketua BPD, KPMD, Tokoh Masyarakat dan puluhan masyarakat.
PJOK kecamatan cingambul Dani Lutfi Daniar, S.Sos dalam laporannya mengungkapkan perkembangan PNPM - MPd periode tahun anggaran 2010 dialokasikan untuk bantuan modal 45 kelompok perempuan penerima manfaat sebanyak 465 anggota senilai Rp.450 juta. Saat ini mengalami peningkatan 15 kelompok usaha ekonomi ( 100 orang anggota ) dengan penerima manfaat 80 rumah tangga miskin ( RTM ).
Tidak hanya itu, untuk ekonomi, program ini juga mampu menjalankan simpan pinjam yang di kelola 94 kelompok perempuan yang terdiri dari 895 orang anggota, dengan penerima manfaat 716 RTM. Dengan demikian melalui kucuran bantuan PNPM MPd 2010, dari total 4.053 RTM di kecamatan cingambul sedikitnya sekitar 796 RTM menerima manfaat. 
Untuk kegiatan fisik realisasinya meliputi peningkatan jalan dengan rabat beton dan perkerasan di 9 Desa senilai Rp. 1 miliar lebih dan menyerap swadaya Rp. 182 juta lebih, pembangunan tembok penahan tanah di 2 desa senilai 205 juta lebih dan menyerap swadaya Rp. 25 jutaan.
selain itu, lewat bantuan PNPM senilai Rp. 100 juta lebih ditambah swadaya Rp. 13 Jutaan berhasil membangun irigasi sepanjang 400,3 meter. Bantuan PNPM MPd Rp 109 juta lebih dan swadaya Rp. 17 jutaan juga telah berhasil melaksanakan pembangunan 2 lokal ruang kelas.
Kepala BPMDPKB kabupaten majalengka Drs. H.Ahmad Sodikin, MM mengaku bangga atas keberhasilan yang dicapai seluruh pelaksana pelaku PNPM Mpd, dan masyarakat. Dia Juga mengapresiasi swadaya masyarakat yang cukup signifikan.
usai LPJ Ahmad Sodikin meresmikan penggunaan gedung baru UPK kecamatan Cingambulkl yang ditandai dengna penandatanganan prasasti, gunting pita dan meninjau lokasi. Sodikin juga berkesempatan menyerahkan bantuan peralatan sekolah, rutilahu dan modal usaha produktif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar